• gambar
  • gambar
  • ppdb
  • HIMBAUAN SEKOLAH DIL

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMA NEGERI 1 MANCAK Religius, Santun, Peduli, Cerdas dan Terampil

Link Terkait

Statistik


Total Hits : 215258
Pengunjung : 83823
Hari ini : 48
Hits hari ini : 134
Member Online : 0
IP : 54.144.55.253
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 MANCAK

NPSN : 20605109

Jl. Raya Mancak - Anyer Km.1 Kec. Mancak Kabupaten Serang - Banten


sman.mancak@gmail.com

TLP : 087808207662


          

KELAS MAYA SMAN 1 MANCAK UPAYA PENCEGAHAN VIRUS CORONA




 

Mancak – Virus Corona adalah virus yang saat ini tengah banyak diperbincangkan karena penyebarannya yang sangat cepat. Hingga saat ini, virus Corona sudah menginfeksi hingga 152 negara, termasuk Indonesia. WHO bahkan sudah meningkatkan status Covid-19 menjadi pandemi.

 

Seperti dikutip dari World Health Organization (WHO), virus Corona berasal dari Coronaviruses (CoV) yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV). Sedangkan untuk Novel Coronavirus (nCoV) adalah jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia

 

Virus Corona merupakan zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia. Menurut penyelidikan yang telah dilakukan, SARS-CoV ditularkan dari kucing luwak atau yang lebih dikenal dengan musang ke manusia dan MERS-CoV dari unta ke manusia. Namun beberapa virus Corona juga dikenal beredar pada hewan-hewan yang sebelumnya belum pernah menginfeksi manusia.

 

Gejala infeksi virus Corona sendiri cukup sulit dilihat pada awalnya. Hal ini dikarenakan tidak semua orang yang sudah terinfeksi akan langsung memperlihatkan gejala-gejala awal dari virus Corona. Dibutuhkan 2 hingga 14 hari sampai orang yang sudah terinfeksi tersebut mengeluarkan tanda atau ciri-ciri virus Corona. Selama tenggang waktu tersebut bisa saja orang-orang yang terinfeksi tanpa sadar menularkannya kepada orang lain. Inilah mengapa sangat penting untuk mengisolasi diri di dalam rumah terlebih dahulu selama kurang lebih 2 minggu, terutama bagi orang-orang yang baru saja bepergian ke luar negeri atau melakukan kontak dekat dengan pasien terjangkit virus Corona.

 

Cara yang terpenting untuk mencegah infeksi Covid-19 atau virus Corona adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan. Seperti dikutip dari WHO, rekomendasi dasar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah dengan mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun, menutupi mulut dan hidung ketika batuk atau bersin, dan memasak daging dan telur hingga matang. Selain itu, hindari kontak langsung dengan siapapun yang menunjukkan gejala virus Corona, seperti sesak napas, batuk, dan bersin.

 

Berdasarkan data di atas Pemerintah Provinsi Banten lewat Gubernur Banten menginstruksikan Kepala  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten untuk meliburkan proses belajar mengajar di Sekolah yang menjadi kewenangan Provinsi Banten (SMA/SMK dan SKH) selama 2 (dua) minggu sejak hari Senin tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan hari Senin 30 Maret 2020  guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona dengan ketentuan :

  1. Semua satuan pendidikan SMA/SMK/SKh baik negeri dan swasta yang menjadi kewenangan provinsi Banten DILIBURKAN mulai tanggal 16 Maret dan masuk kembali tanggal 31 Maret 2020.
  2. Pelaksanaan UNBK tetap dilaksanakan sesuai jadwal dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Pelaksanaan UNBK yang diterbikan BSNP.
  3. Untuk kelas X dan XI tetap belajar efektif melalui Kelas Maya yang dikembangkan oleh Pustekkom dan Pusdatin Kemendikbud RI.
  4. Kepala sekolah beserta guru agar mensosialisasikan instruksi ini kepada orang tua/wali siswa dan masyarakat.
  5. Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan tetap masuk bekerja seperti biasa dengan memperhatikan Surat Edaran Dinas Kesehatan Provinsi Banten No. 443/0509/Kes-p2p/2020 Tanggal 10 Februari 2020 Tentang Kewaspadaan Penyakit Novel Corona Virus (2019-n-CoV) di Provinsi Banten.

 

Tidak lama kemudian surat No. 420/0931-Dindikbud/2020  perihal Penundaan Pelaksanaan UNBK pun  dilayangkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten  yang berisi  pelaksanaan Ujian Nasional (UN) baik Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) untuk provinsi Banten DITUNDA untuk waktu yang akan ditentukan kemudian. Ketentuan lain perihal kegiatan belajar mengajar pada semua satuan pendidikan SMA/SMK/SKh baik negeri dan swasta yang menjadi kewenangan provinsi Banten dapat belajar di rumah masing-masing siswa melalui Kelas Maya yang dikembangkan oleh Pustekkom dan Pusdatin Kemendikbud RI.

Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan tetap masuk bekerja seperti biasa sampai diterbitkannya kebijakan yang baru.

 

Menindaklanjuti intruksi Gubernur Banten dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, SMAN 1 Mancak membuat edaran kepada Guru, Siswa dan Orang tua siswa bahwa :

Dalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-I9) di lingkungan SMA Negeri 1 Mancak berdasarkan:

  1. Surat Edaran Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan:
  2. Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep.114 Huk/2020 tentang Penetapan Kejadian Luar Biasa Corona (COVID-19) di Wilayah Provinsi Banten;
  3. Instruksi Gubernur Banten Nomor 1 tahun 2020;

Maka dengan ini kami memberitahukan kepada Orang Tua/Wali Siswa SMA Negeri 1 Mancak bahwasannya :

  1. Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Mancak rneliburkan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler kelas X dan XI pada tanggal 16 Maret s/d 02 April 2020.
  2. Siswa tetap belajar efektif di rumah melalui kelas maya yang dikembangkan oleh Pustekom dan Pusdatin Kemendikbud RI. Pembelajaran menggunakan teknologi informasi atau penugasan via email/WA, program e-learning, google classroom dan program sejenisnya atau memberikan pembelajaran berbasis projek.
  3. Pelaksanaan UNBK tetap dilaksanakan sesuai jadwal pada tanggal 30 Maret s/d 02 April 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaan UNBK.
  4. Jadwal pelaksanaan Ujian Sekolah kelas XII ditunda sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian.
  5. Dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Disease (COVID-l9), kami menghimbau kepada Orang Tua/Wali Siswa SMA Negeri 1 Mancak agar:
    1. Mengawasi aktivitas anak selama libur.
    2. Menghindari tempat - tempat keramaian umum, seperti mall atau tempat-tempat wisata yang memungkinkan terjadinya penyebaran Corona Virus Disease (COVID- l9): dan
    3. Membatasi aktivitas anak dalam rangka pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) karena walaupun daya tahan tubuh anak kuat, tapi mereka bisa menjadi pembawa atau carrier virus Corona yang bisa menularkan ke orang lain.
  6. Menghindari kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, mencium tangan dan lain-lain.
  7. Membiasakan pola hidup bersih, sehat, dan berolahraga secara teratur.
  8. Membiasakan untuk mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir selama 20 detik saat tiba di rumah setelah bepergian.
  9. Membawa anak ke Pusat Kesehatan Masyarakat terdekat apabila ditemukan hal-hal sebagai berikut:
    1. Demam lebih dari 37,5? C; dan
    2. Gejala dan atau masalah pernafasan seperti bersin, hidung tersumbat, batuk dan atau sesak nafas.
  10. Tetap tenang dan selalu waspada dalam menyikapi permasalahan Corona Virus Disease (COVID-19) ini.

 

Dalam rangka mengantisipasi materi yang tidak tersampaikan dan agar siswa tetap belajar di rumah SMAN 1 Mancak membuat kelas maya melalui web sekolah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pada laman browser Guru mengetik sman1mancak.sch.id/admin
  2. ketik username kelasmayasman1mancak dengan password 1234****
  3. klik sign in
  4. Menambahkan materi pelajaran dengan mengklik konten yang berada disebelah kiri, klik materi ajar, klik tambah materi ajar, isi judul dengan materi pelajaran, mata pelajaran dan kelas. Contoh : Materi Alat Optik Fisika XI MIPA, isi keterangan dengan penjelasan materi yang akan disampaikan, klik kategori pilih mata pelajaran yang diampu, klik choose file masukan file dalam bentuk format (DOC, DOCX, PPT, PPTX, XLS, XLSX, SWF, PDF, JPG) pilih salah satu kemudian klik simpan
  5. Menambahkan materi uji hampir sama langkahnya dengan menambah materi pelajaran
  6. Cara mengedit dan menghapus materi ajar dan materi uji yaitu dengan klik konten, klik mata pelajaran dan klik materi yang akan di edit/dihapus kemudian edit/hapus
  7. Melihat tampilan web yaitu dengan log in kelas maya, klik tampilkan web, pada laman menu cari materi ajar atau materi uji, atau ketik langsung www.sman1mancak.sch.id
  8. Menginformasikan kepada siswa melalui wali kelas, agar membuka web sekolah dan belajar di kelas maya sesuai jadwal kegiatan belajar mengajar
  9. Siswa memposting tagihan melalui WA atau email masing-masing guru mata pelajaran.

 

Disamping pembelajaran online lewat web ada beberapa guru menggunakan aplikasi game, Rumah Belajar, maupun Google Classroom.

(Tulisan di kutip dari berbagai sumber)

 

Penulis : Haerul Zaman,

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas