• gambar
  • gambar
  • ppdb
  • HIMBAUAN SEKOLAH DIL

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMA NEGERI 1 MANCAK Religius, Santun, Peduli, Cerdas dan Terampil

Link Terkait

Statistik


Total Hits : 207962
Pengunjung : 81164
Hari ini : 58
Hits hari ini : 121
Member Online : 0
IP : 3.236.51.151
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 MANCAK

NPSN : 20605109

Jl. Raya Mancak - Anyer Km.1 Kec. Mancak Kabupaten Serang - Banten


sman.mancak@gmail.com

TLP : 087808207662


          

SMAN 1 MANCAK MELAKSANAKAN PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL




Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) adalah usaha untuk mewujudkan pembelajaran yang memanfaatkan keunggulan lokal dalam aspek ekonomi, budaya, teknologi informasi dan komunikasi, bahasa, ekologi, dan lain-lain, yang semuanya bermanfaat bagi pengembangan potensi peserta didik.

 

PBKL di SMAN 1 Mancak yaitu memanfaatkan potensi geografis daerah Mancak. Pengkajian dan pemanfaatan keunggulan lokal pada aspek geografis merupakan potensi keunggulan lokal karena memiliki dampak ekonomis yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Di daerah Mancak merupakan pegunungan dan perkebunan yang memiliki tanah subur sangat cocok untuk menanam bunga, dan tradisi masyarakat sekitar  yaitu mengolah hasil perkebunan buah melinjo menjadi emping. Sehingga Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMAN 1 Mancak pada tahun ajaran 2018 – 2019 yang menerapkan Program PBKL Agribisnis tanaman hias, pengolahan melinjo serta pembuatan aksesoris dari kain flanel sangat sesuai.

 

Secara umum, pendidikan berbasis keunggulan lokal bertujuan memfungsikan satuan pendidikan untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam menghadapi perannya di masa mendatang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lingkungan sekitar.

 

Keunggulan lokal dijadikan landasan pendidikan agar peserta didik dan masyarakat dapat mengetahui keunggulan lokal di daerah Mancak, sehingga peserta didik dapat memahami aspek-aspek yang berhubungan dengan keunggulan lokal daerah tersebut. Selain itu, peserta didik  dan masyarakat mampu mengolah sumber daya yang ada agar dapat bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan dan perekonomian daerah mancak sekaligus melestarikan budaya, tradisi dan sumber daya yang menjadi unggulan daerah. Pendidikan berbasis keunggulan lokal ini juga memiliki tujuan agar Peserta didik mampu bersaing secara Global.

 

AGRIBISNIS TANAMAN HIAS

 

greenhouse2

 

sunflower

 

agro2

 

agro11

 

agro5

 

PENGOLAHAN MELINJO

 

emping1

 

emping2

 

emping 1

 

PEMBUATAN AKSESORIS DARI KAIN FLANEL

 

aksesoris77

 

 aksesoris55

 

aksesoris4

 

aksesoris8

 

aksesoris10

 

Penulis: Rini Setyaningsih

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas